Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama pada Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar menggunakan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada peserta didik SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar, kurang memiliki kesadaran untuk belajar, keterampilan belajar yang rendah, kurang memiliki daya tarik untuk belajar dan kurang mendapat dukungan lingkungan belajar yang kondusif. Oleh karena itu, diperlukan metode bimbingan yang mampu mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengukur perubahan skor motivasi belajar antara pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Pada skor pretest pertama kali diberikan adalah 135.50, kemudian meningkat pada posttest siklus I menjadi 140.50. Setelah melakukan evaluasi pada siklus I, rata-rata skor posttest meningkat signifikan menjadi 148.00 pada postest siklus II. Peserta didik menjadi lebih berani menyampaikan pendapat, gigih menyelesaikan tugas, dan tangguh menghadapi hambatan.
Keywords
Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.491
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 S. Astrinia Thata Wisanta, Antonius Ian Bayu Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License