Strategi Efektif dalam Supervisi Pembelajaran di SMA Al-Munawwaroh Tenggarong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Al-Munawwaroh Tenggarong. Supervisi akademik dipandang sebagai strategi yang penting untuk mendorong peningkatan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, tim kurikulum, dan guru di SMA Al-Munawwaroh Tenggarong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Tahap perencanaan melibatkan penyusunan program supervisi yang sistematis dan terorganisasi dengan baik. Tahap pelaksanaan supervisi difokuskan pada pembinaan langsung kepada guru melalui monitoring dan observasi proses pembelajaran. Tindak lanjut supervisi mencakup pemberian umpan balik, pelatihan, dan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Supervisi akademik yang dilakukan secara efektif berdampak positif terhadap peningkatan kualitas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran oleh guru. Selain itu, integrasi nilai-nilai spiritual dan moral dalam supervisi mencerminkan pendekatan yang holistik dan selaras dengan prinsip-prinsip Islam. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mengembangkan model supervisi akademik yang efektif untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan.
Keywords
Supervisi Akademik, Kualitas Pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Ego

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License