Keterampilan Membaca Generasi Alpha: Evaluasi Pembelajaran pada Siswa Kelas 2A SD Negeri 02 Indralaya Utara

Aida Safitri, Raul Rian Shaputra, Ajeng Chandra Prameswari, Silvia AR

Abstract


Keterampilan membaca merupakan fondasi utama dalam proses belajar siswa, khususnya di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca siswa kelas 2A di SD Negeri 02 Indralaya Utara dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sebanyak 28 siswa menjadi subjek penelitian yang dievaluasi melalui instrumen observasi berdasarkan 4 aspek kemampuan membaca yaitu mengenal huruf, membaca kata, kelancaran membaca dengan suara nyaring serta pemahaman isi bacaan, dan menyimak atau memahami informasi yang didengar. Hasil analisis menunjukkan bahwa 86% siswa berada pada kategori keterampilan membaca tinggi, 14% berada pada kategori sedang, dan tidak ada siswa yang termasuk kategori rendah. Temuan ini menggambarkan bahwa sebagian besar siswa telah memiliki kemampuan membaca yang baik, yang kemungkinan besar dipengaruhi oleh strategi pembelajaran guru, keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah, serta lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini juga menemukan kecenderungan perbedaan kemampuan membaca berdasarkan jenis kelamin, di mana siswa perempuan lebih dominan dalam kategori tinggi. Dengan hasil ini, penting bagi guru dan orang tua untuk berkolaborasi dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, variatif, dan sesuai dengan karakteristik siswa SD pada generasi Alpha yang lebih visual, aktif, dan cepat menyerap informasi.

Keywords


Keterampilan Membaca, Siswa SD, Peran Guru dan Orang tua

Full Text:

PDF

References


Alfaregi, I. S., Hartati, S., & Akbar, Z. (2024). Eksplorasi Korelasi Gender Sebagai Mediator dalam Keterlibatan Anak di Taman Kanak-kanak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 374-391.

Amalia, A., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Sekolah Dasar. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2083-2091.

Arianti. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Arianti. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41-62.

Aysah, F., & Maknun, L. (2023). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(1), 49-62.

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8.

Juariah, A. S. (2024). Membaca Tanpa Memahami: Tantangan Keterampilan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat, 2(4), 157-163.

Lubis, U. H., & Azhar, A. A. (2023). Trend Library Café dalam Mendukung Budaya Minat Baca Generasi Muda. Jurnal of Education Research, 4(2), 732-741.

Maruwu, M., Pu’at, S. N., Utami, P.R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan, dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917-932.

Prayogo, J. F. A., & Citrawati, T. (2023). Analisis Bentuk Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2510-2520.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100.

Sawaludin., Royani, N., Suharni., Amini, N. H. W., Jannah, R. M., Sari, P., & Kurniawan, W. (2023). Pengembangan Literasi Anak Melalui Metode Penelitian Inovatif dan Aktif Di SDN 3 Bengkaung Batu Layar Lombor Barat. Civic Education Law and Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintergrasi, 1(1), 1-9.

Setyastuti, C. S., Santoso, A. B., & Haryanti, U. (2022). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Manggung, Karangdowo, Klaten, Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(1), 32-42.

Simamora, E. P., Pardede, N. C., & Harahap, S. H. (2024). Peran Keterampilan Membaca dalam Membentuk Keterampilan Menulis. Ijedr: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 385-394.

Sunanih. (2017). Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian Dari Pengembangan Bahasa. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 38-46.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Aida Safitri, Raul Rian Shaputra, Ajeng Chandra Prameswari, Silvia AR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License