Penggunaan Instrumen Skala Likert untuk Menilai Keterampilan Mengingat Pelajaran pada Siswa SMP Azzahrah 01 Palembang

Afiyah Nasywa Apezahli, Galuh Nabila Audry Rahmania, Hijr Amelya, Rafeylah Areefa Elya, Silvia AR

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kemampuan daya ingat siswa kelas 7.2 SMP Islam Az Zahra Palembang dengan menggunakan skala Likert sebagai alat ukur. Daya ingat merupakan aspek penting dalam pembelajaran karena mencakup pemahaman, penyimpanan, dan penghubungan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan partisipasi 31 siswa. Instrumen berupa kuisioner disusun berdasarkan tiga variabel: keterampilan mempersiapkan diri dalam mengingat, motivasi belajar, dan strategi belajar. Data dianalisis melalui penghitungan skor total, pengelompokan ke dalam lima kategori (Sangat Rendah hingga Sangat Tinggi), serta analisis statistik deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa 61% siswa berada dalam kategori “Tinggi” dan 32% dalam kategori “Rata-Rata”. Responden perempuan cenderung memiliki daya ingat lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Perbedaan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kebiasaan membaca, kemampuan fokus, motivasi, kondisi otak, dan lingkungan belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang kondusif dan adaptif guna mendukung peningkatan kemampuan mengingat siswa secara menyeluruh.


Keywords


Keterampilan mengingat; Instrumen penilaian; Siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Alzuhra, N. (2024). Efektivitas Peningkatan Memori pada Siswa. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 5(3), 397. https://doi.org/10.24014/pib.v5i3.26438

Anjani, N., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Tinjauan Literatur Tentang Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 4.

Harris, K. R., & Graham, S. (2020). Teaching students with learning disabilities: A step-by-step guide for educators. Guilford Press.

Mones, A. Y. (2020). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Siswa Kelas Iv Melalui Penerapan Metode Praktek Dan Latihan Terstruktur Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik. JURNAL SEPUTAR PENELITIAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN, 1(1).

Puspita, L. D., Hasibuan, N. S., Suciani, A., Gs, M. F., Fitriani, S., & Panggabean, H. S. (2025). Mengidentifikasi Perbedaan Individu yang Menyebabkan Perbedaan Proses dan Hasil Belajar. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 2(1), 432–439. https://doi.org/10.57235/hemat.v2i1.5086

Rabiudin, R., Rusdin, R., & Maimuna, W. (2022). Telaah Kognitif: Pemetaan Kemampuan Mengingat Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Dan Matematika. Jambura Physics Journal, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.34312/jpj.v4i1.13603

Rusdiana, D., & Faisal, M. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Variatif terhadap Kemampuan Daya Ingat Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 101-115.

Rochanah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Tentang Materi Keseimbangan Lingkungan Dengan Menerapkan Teknik Mind Mapping. Journal on Education, 4(1), 114–127. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.414

Santos, M. (2022). Using Likert Scales for Measuring Student Perceptions in Educational Settings. Journal of Educational Measurement, 58(4), 349-360.

Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trimuryono, S. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Blended Learning Di Masa Pandemi Covid19. 68-73

Syafitri, M. A. Z., Kurnianti, A., Jannah, W., & Lubis, K. (2024). Diagnosis Keterampilan Mengingat Pembelajaran Di Smp Negeri 40 Palembang. 8(10).

Widyastuti, S. R. (2022). Pengembangan Skala Likert untuk Mengukur Sikap terhadap Penerapan Penilaian Autentik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jendela ASWAJA, 3(2),




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 afiyah nasywa apezahli, galuh nabila audry rahmania, hijr amelya, rafeylah areefa elya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License