Penerapan Media Pembelajaran E-Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik di Kelas 2 Sekolah Dasar

Nima Aini Nurkamilah, Rifa Nur Afifah, Novi Sutia

Abstract


Adanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelas 2 Sekolah Dasar dengan berbantu media e-Flipbook. Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus di dalamnya. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yakni 9 orang peserta didik dengan tingkat kemampuan membaca permulaan yang masih rendah. Instrumen yang digunakan untuk mendukung penelitian yakni observasi, tes, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik. Persentase ketuntasannya yakni 66,67% di siklus I dan 77,8% di siklus II. Hal ini menyatakan bahwa media e-Flipbook dapat berhasil membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Berdasarkan penelitian inni dapat disimpulkan bahwa media e-Flipbook dapat dijadikan sebagai media alternatif agar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan terutama apabil didukung oleh peran orang tua di dalamnya.

Keywords


Membaca permulaan, e-flipbook, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Alsmy, Z., & Lubis, W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flip Book Untuk Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 di SD Negeri 105267 Sei Mencirim TA 2023/2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 172-188.

Hapsari, H. T., Riyadi, R., & Budiharto, T. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis e-flipbook melalui canva pada materi satuan waktu untuk peserta didik kelas III sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(4), 1-6.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada anak usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462-1470.

Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719

Rofi'i, A., & Susilo, S. V. (2022). Kesulitan membaca permulaan pada pembelajaran bahasa Inggris siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1593-1603.

Soleha, R. S., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58-62.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rifa Nur Afifah, Novi Sutia, Nima Aini Nurkamilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License