Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Responsif Budaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kalimat Efektif Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kalimat efektif pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis responsif budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan di kelas IV SD 1 Kalirejo pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah peserta didik sebanyak 16 siswa. Model PTK yang digunakan merujuk pada langkah-langkah Taggart dan Kemmis, yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklus, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar kalimat efektif. Pada tahap pra-siklus, hanya 6 siswa (38%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 64. Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 9 siswa (56%) dengan rata-rata nilai 74. Kemudian pada siklus II, sebanyak 13 siswa (81%) berhasil mencapai ketuntasan dengan rata-rata nilai 83. Temuan ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berbasis responsif budaya dapat secara efektif meningkatkan hasil belajar kalimat efektif di tingkat sekolah dasar. Oleh karena itu, model pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang kontekstual dan relevan dengan latar budaya siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Y., Hadi, F. R., & Isdarwati, T. (2024). Penerapan Contextual Teaching and Learning Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Hasil …. Pendas: Jurnal Ilmiah …, 4, 349–359. http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13895%0Ahttps://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/13895/7090
Anidi, & Anlianna. (2024). Systematic Literature Review of the Low Interest in Reading in Indonesia with a Narrative Inquiry Approach. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 254–264. https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i1.377
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Arikunto, S. (2008). Penelitian tindakan kelas (PTK). Bumi Aksara.
Fardani, M. A., Wiranti, D. A., Ismaya, E. A., & Kumala, D. (2023). Pengembangan Media Raja Caraka untuk Pembelajaran Membaca Aksara Jawa. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(5), 533–542.
Fardani, M. A. (2023). Model Teams Game Tournament Bermediakan Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa Siswa Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1081–1088. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.396
Hani Ervina Pansa. (2016). Problem-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.
Ilham, K. (2022). Jurnal pema tarbiyah. Jurnal Pema Tarbiyah, 1(1), 44–53.
Indriany, L. (2021). KURANGNYA MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR.
Indriyana, I., Ulfiyani, S., Naviatun, T., & Ulumuddin, A. (2024). Penerapan Pendekatan CRT dalam Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Budaya Semarang Kelas X-10 Di SMAN 8 Semarang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(2).
Jambak, A. V. D., & Simatupang, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Di Kelas X Semester I Sma Negeri 1 Sunggal T.P. 2016/2017. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 2(4), 7. https://doi.org/10.24114/jiaf.v3i2.10736
Jannah, M., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 115–120. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8364
Juliani, A., Permanasari, A., & ... (2024). Enhancing Creative Thinking and Global Diversity Through Culturally Responsive Teaching in Primary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal …, 16, 3248–3262. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5352
Masjid, A. al, & Arief, A. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Blimbing 4. Trihayu: Pendidikan Ke-SD-an, 3(1), 48–54.
Muhammadyuri Hawea, David Setiadi, T. A. (2023). PROBLEMATIKA PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA PATANI DI PURWOKERTO.
Nurhayati, H., & Langlang Handayani, N. W. (2020). Adaptasi Strategi Pembelajaran Responsif terhadap Dinamika Siswa Khalisatun. Jurnal Basicedu, 5(5), 3.
OECD. (2024). PISA 2022 Results (Volume III): Creative Minds, Creative Schools, PISA. Factsheets, I, 1–9. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en%0Ahttps://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/germany-1a2cf137/
Prameisthi, D. A., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2025). Peningkatan Pemahaman Konsep IPAS Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media ARCAPELA Berbasis Etnosains. 8, 2965–2974.
Pratiwi, A. M., Latief, I. M., Saepudin, M., Aula, S. N. A., & Adawiyah, S. R. (2023). Strategi Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 152.
Rochaminah, S., Baid, N., & Lantang, N. D. J. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil B.
Tadam, P. (2021). Strategi Pembelajaran Di Antara Guru Terhadap Siswa Dalam Konteks Memecahkan Kesulitan Belajar. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.51730/ed.v4i2.50
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.478
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mas Alviyan Puji Ananto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License