Membangun Karakter Melalui Pendidikan: Strategi Pengembangan Peserta Didik Yang Efektif
Abstract
Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan kepribadian dan moral peserta didik. Melalui pendidikan yang terencana dan terarah, pembentukan karakter yang baik dapat menjadi fondasi bagi terciptanya individu yang berintegritas, beretika, dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengembangan karakter yang efektif dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun nonformal. Metode yang digunakan meliputi studi literatur dan analisis implementasi program pendidikan karakter di berbagai institusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis keteladanan, pembiasaan, dan integrasi nilai-nilai moral dalam kurikulum mampu memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter peserta didik. Oleh karena itu, kolaborasi antara pendidik, orang tua, dan lingkungan menjadi faktor pendukung utama dalam mewujudkan pendidikan karakter yang efektif dan berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alivia, T., & Sudadi, S. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(2), 108. https://doi.org/10.56630/jti.v5i2.447
Ananda, D. D., Nahdlatul, U., & Sumatera, U. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Religius dalam Pembentukan Kepribadian Siswa SD Negeri 101928 Rantau Panjang. 3(2), 126–129.
Andrian, T. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Nilai Moral Remaja Masa Kini. Inculco Journal of Christian Education, 4(1), 107–122. https://doi.org/10.59404/ijce.v4i1.188
Aw, B., & Kearifan, A. (n.d.). The developm ent of education on the character and culture of the nation based on the local w isdom. 1–13.
Budi Raharjo, S. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16, 229–238. https://media.neliti.com/media/publications/123218-ID-pendidikan-karakter-sebagai-upaya-mencip.pdf
Evi Nur Khofifah, & Siti Mufarochah. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579
Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643
Hanafi, A., & Yasin, M. (2023). Upaya Memperkuat Hubungan Sosial Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (Sinova), 1(2), 51–62.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. homepage: https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR
Monoarfa, M., Sinaga, A. V., & Wizerti, W. A. S. (2024). Integrasi Nilai Budaya dan Perkembangan IPTEK dalam Pengembangan Kurikulum. Publikasi Pendidikan, 14(1), 91. https://doi.org/10.26858/publikan.v14i1.62824
Mustoip, S. (2023). Analisis Penilaian Perkembangan Dan Pendidikan Karakter Di Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 144–151. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.470
Pratiwi, N. T. (2021). Analisis Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter di SD Negeri 002 Tanjungpinang Barat. Journal of Educational Developmenta, 2(3), 439–449. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681214
Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 1–12. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.303
Wulandari, R., & Munandar, A. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter di SMA Negeri 14 Bone. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1), 75–82. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i1.183
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115
Ziliwu, M. H., Bawamenewi, A., Lase, B. P., & Harefa, H. O. N. (2024). Peranan Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9956–9965. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5839A, R. Q., Rahmahdiani, N., & Am, M. A. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Keterampilan Sosial Anak : Systematic Literature Riview. MONTESSORI JURNAL PENDIDIKAN KRISTEN ANAK USIA DINI Faktor-Faktor, 5, 31–41. https://doi.org/https://doi.org/10.51667/mjpkaud.v5i2.1926
Eli Masnawati, Didit Darmawan, & Masfufah Masfufah. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN : Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4 SE-Articles), 305–318. https://doi.org/https://doi.org/10.59603/ppiman.v1i4.347
Gadink, M., & Sukenti, D. (2024). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap penilaian autentik di sekolah menengah atas. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 681–688. https://jurnal.iicet.org/index.php/jppi%0APengaruh
I Made Sila, I Gusti Ngurah Santika, & Ni Made Adhi Dwindayani. (2023). Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Melalui Optimalisasi Peran Guru PPKn Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Pancasila. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.60153/jocer.v1i2.27
Karina, M., Judijanto, L., Rukmini, A., Fauzi, M. S., Arsyad, M., Pgri, U. I., Jakarta, I., Nida, S., Adabi, E., & Oleo, U. H. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Akademik : Tinjauan Literatur Pada Pembelajaran Kolaboratif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APengaruh
Liasa, I. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PILAR UTAMA DALAM MEMBENTUK GENERASI PENERUS BANGSA YANG BERMORAL DAN BERTANGGUNG JAWAB Ida. JSES: Jurnal Sultra Elementary School, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.54297/jses.v4i1.150
Marsela Luruk Bere, Marianus Teti, & Maria Gamyanti Funan. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Antara Guru dan Orangtua dalam Mendukung Kemajuan Belajar Siswa di Sekolah Dasar Inpres Harekakae. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 283–288. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.638
Muzammil1, B. I. B. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI KETELADANAN GURU Muzammil1,. Jurnal Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam EmaiL:, 8, 159–167. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/23127/9532
Nalle, A., Unggin, E. A., Wadu, J. A., Molum, J. J., Rizmawan, Y. C., Dua Lehan, A. A., & Dethan, J. (2025). Manajemen Peserta Didik Sekolah Dasar: Konsep, Implementasi, dan Strategi Optimalisasi. Jurnal Lazuardi, 7(4), 17–21. https://doi.org/10.53441/jl.Vol7.Iss4.141
Nurhayati, D., Ekasari, I. Y. E., & Ani, R. N. A. (2024). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter untuk Mengatasi Dekadensi Moral Anak: Literature Review. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 433–446. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.607
Poerwanto, B. (2025). Efektifitas Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan ( PPK Ormawa ) MBKM dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol., 14(1), 769–782. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.1880
Purnamasari, I., Rajagukguk, A., Salsabilah Harahap, N., Berutu, H., Saputra Nduru, F., & Risky, B. (2024). Perkembangan Kerajaan Islam Di Sulawesi, Malauku Dan Irian Jaya Pada Abad Ke-13 Sampai Ke-21. Informasi Artikel Abstract, 1(6), 40–44. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v13i1.6577
Rahmadani, S. (2024). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Tinjauan Literatur Kualitatif. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6), 1–16. https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/view/515%0Ahttps://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/download/515/488
Salsabila, H. A., & Lesmana, G. (2024). Dampak Konseling Keluarga Terhadap Dinamika Hubungan Orang Tua-Anak Di Era Digitalisasi : Studi Literatur The Impact Of Family Counseling On The Dynamics Of Parents-Child Relationship Dynamics In The Era Of Digitalization : A Literature Study. GUIDING WORLD JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 7(1), 76–86. https://doi.org/https://doi.org/10.33627/gw.v7i2.2089
Siti Qomariyah1, Deni Adi Putra2, F. S. (2024). PERAN ORANG TUA DALAM MENDORONG MOTIVASI BELAJAR SISWA SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6
Utomo, P., & Pahlevi, R. (2022). Peran Teman Sebaya sebagai Moderator Pembentukan Karakter Anak: Systematic Literature Review. Journal of Educational Psychology, 1(1), 659. http://jurnal.yoii.ac.id/index.php/inspiratif/article/view/355.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Chardinal DV, Muhammad Bagas Hidayatullah, Aqilah Fakhriyati Auliya, Sani Safitri, Syarifuddin Syarifuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License