Efektivitas Komik Kimia sebagai Media Pembelajaran untuk Materi Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Latifah Intan Febrianti, Hesty Parbuntari

Abstract


Pembelajaran kimia di tingkat SMA masih menghadapi berbagai kendala, terutama terkait topik tentang larutan elektrolit dan non elektrolit yang dianggap kompleks karena tidak tampak secara nyata. Rendahnya ketertarikan siswa dalam kegiatan belajar serta keterbatasan sarana belajar yang menarik turut menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan pemahaman konsep. Media alternatif yang bisa dimanfaatkan sebagai upaya menangani permasalahan tersebut adalah komik kimia. Komik kimia dinilai mampu menyajikan materi secara visual dan menarik, sehingga berpotensi meningkatkan pemahaman pelajar. Kajian ini bermaksud untuk menilai seberapa efektif penggunaan komik kimia sebagai sarana pembelajaran guna mengoptimalkan prestasi belajar pelajar pada topik larutan elektrolit dan non elektrolit. Cara yang diterapkan adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Cara pengumpulan subjek penelitian dilaksanakan secara purposive sampling dengan dua kelas terpilih, yaitu XI.F-10 sebagai kelas percobaan (33 peserta didik) dan XI.F-8 sebagai kelas kontrol (36 peserta didik). Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir. Data dalam kajian ini dianalisis memakai perhitungan N-Gain, pengujian awal dalam bentuk uji normalitas dan homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan memanfaatkan independent sample t-test. Mengacu pada hasil analisis, diperoleh nilai rata-rata N-Gain pada kelompok percobaan mencapai 0,71 yang digolongkan dalam kelompok tinggi, sementara pada kelas kontrol sebesar 0,63 yang tergolong tergolong pada tingkat sedang. Hasil belajar kedua kelas memiliki distribusi normal dan bersifat homogen. Dari uji t, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,039 (< 0,05), yang menunjukkan adanya selisih signifikan. Oleh karena itu, ditarik kesimpulan bahwa komik kimia berkontribusi dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa.

Keywords


Komik Kimia, Hasil Belajar, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Asda, V. D., & Andromeda, A. (2021). Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 710–716. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.423

Budiman, R. D. A. (2016). Developing Learning Media Based on Augmented Reality (Ar) To Improve Learning Motivation. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 1(2), 89. https://doi.org/10.26737/jetl.v1i2.45

Danu, A. N. (2020). Pengembangan Komik Kimia Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Cet (Chemo-Edutainment). Chemistry in Education, 9(2), 84–90. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined

Elvina, A & Latisma. (2022). Orbital : Jurnal Pendidikan Kimia Elektrolit dan Non Elektrolit. 6, 1–15.

Experenza, P., Isnaini, M., & Irmita, L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa pada Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Orbital : Jurnal Pendidikan Kimia. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Febriani, Y., & Iswendi. (2019). Efektivitas Penggunaan Permainan Ular Tangga sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kimia Rumah Tangga Kelas VIII SMPN 34 Padang. Journal of Multidisciplinary Reserch and Development, 1037–1044.

Gunawan, P., & Sujarwo. (2022). Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Kronik: Journal of History Education and Historiography, 6(1), Universitas Negeri Surabaya.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Novia Sari, R., & Tri Wahyuni Maharani, E. (2019). Minat Belajar Kimia Siswa Kelas X MIPA di Madrasah Negeri Kota Semarang. Seminar Nasional Edusaintek, 552–561. http://prosiding.unimus.ac.id

Novianti, E. R., & Putra, Ananda. (2020). Development of Chemistry Comics as Alternative Learning Media on Electrolyte and Non Electrolyte Solution for Grade X SMA. International Journal of Research and Review, 7(9), 25. https://www.ijrrjournal.com

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 65. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 53(9), 1689–1699.

Purnomo, Sutadji, E., Utomo, W., Purnawirawan, O., Farich, R., A.S., S., M., R. F., Carina, A., & R., N. G. (2022). Analisis Data Multivariat.

Puspananda, D. R. (2022). Studi Literatur: Komik Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. PE: Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1).

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widyastuti, P. D., Mardiyana, M., & Saputro, D. R. S. (2017). An Instructional Media using Comics on the Systems of Linear Equation. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012039




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Latifah Intan Febrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License