Profil Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI.8 di SMA Negeri 1 Talang Kelapa
Abstract
Penelitian ini mengkaji tingkat kejenuhan belajar pada siswa kelas XI.8 SMA Negeri 1 Talang Kelapa. Kejenuhan belajar adalah kondisi di mana siswa merasa lelah secara mental, kehilangan semangat belajar, dan kesulitan berkonsentrasi, yang dapat berdampak pada prestasi dan kondisi psikologis mereka. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang diisi oleh 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% siswa mengalami kejenuhan belajar tingkat sedang, sedangkan 10% berada pada tingkat tinggi. Tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori rendah. Faktor penyebab diduga berasal dari tuntutan akademik yang tinggi, metode mengajar yang kurang menarik, serta efek psikologis setelah pembelajaran daring selama pandemi. Untuk mengatasi hal ini, disarankan agar guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih bervariasi, sekolah menyediakan layanan konseling, dan beban tugas siswa dikelola dengan lebih baik. Temuan ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung.
Keywords
Kejenuhan Belajar, Motivasi Belajar, Siswa Sma, Strategi Pembelajaran, Kesehatan Mental
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.473
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sri Rahayu, Defri Yani, Aziz Andreansyah, Silvia AR

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License