Analisis Tingkat Motivasi Belajar Siswa Gen Z Kelas XI di SMA Negeri 1 Talang Kelapa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengungkap seberapa tinggi motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa pada salah satu kelas XI.2 di SMA Negeri 1 Talang Kelapa. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 31 siswa kelas XI.2 di SMA Negeri 1 Talang Kelapa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket motivasi belajar yang terdiri dari 16 pertanyaan, disusun secara mandiri oleh peneliti dan menggunakan skala likert dengan 5 pilihan jawaban. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa 13 butir pernyataan dinyatakan valid, sementara 3 butir lainnya tidak valid sehingga tidak disertakan dalam analisis data. Uji Reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,78877006 yang mengindikasikan bahwa instrumen tergolong cukup reliabel. Hasil pengukuran motivasi belajar menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori rendah (0%), sebanyak 16 siswa atau 52% berada pada kategori sedang, dan 15 siswa atau 48% berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI.2 di SMA Negeri 1 Talang Kelapa dominan berada pada kategori sedang sampai tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Faristin, V. A., & Ismanto, H. S. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA. 1.
Husaeni, A. F., Juliejantiningsih, Y., & Hidayat, R. (2023). Survey Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK. Educatio, 18(1), 102–109. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12266
Rahmadania, A., & Aly, H. N. (n.d.). Implemantasi Teori Hirarchy Of Needs Maslow Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Yayasan Cahaya Generasi Islam Kota Bengkulu.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Siburian, A., Siahaan, E. A., & Naibaho, D. (2023). KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. 2.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitattif dan RnD& D.
Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.
Sulistyawati, W., Trinuryono, S., & Wahyudi. (2022). ANALISIS (DESKRIPTIF KUANTITATIF) MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID19.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Alisya I'tiqafah, Bunga Aulia, Mardhotillah Mardhotillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License