Pengembangan Multimedia Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia pada materi transformasi geometri dan mengetahui apakah multimedia layak untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan tes. Sedangkan instumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket respon, dan soal numerasi. Teknik analisis data dalam penelitian dan pengembangan inimenggunakan skala likert. Skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsiseseorangatausekelompokorang. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah multimedia dikembangakan menggunakan 4 tahapan yaitu Define, Desain, Development, dan Disseminate. Multimedia pembelajaran dalam penelitian ini layak karena telah memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil peningkatan numerasi menurut standar gain adalah 0,73 dan dikategorikan tinggi sehingga dapat dinyatakan multimedia pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan numerasi siswasiswa kelas IX SMP N 6 Purworejo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderha, R.R. & Maskar, S., 2021. Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), pp.1-10. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/774.
Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101.
Badiah, D. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i1.2
Baihaqy, A. R., & Wulandari, E. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBANTUAN LKPD MATERI RELASI DAN FUNGSI. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i1.3
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). The Language of Science Education, 108–108. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_97.
Kurnia Awal, Nasution Putra. 2020. “Media Pembelajaran Berbasis Internet”. Aceh: As-Salam Press.
Maghfiroh, S., Kusumaningsih, W., & Suciana, F. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Berbasis Pembelajaran Daring untuk Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4 Semarang, 17 November 2022 ISBN: 978-623-6264-07-2165 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD 3 Cranggang Kabupaten Kudus. Jurnal Paedagogy, 8(3), 438. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3908.
Maemunah, D. & Wahidin, W., 2022. Pengaruh Experiental Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa SD Berdasarkan Teori Bruner. Jurnal Basicedu, 6(4), pp.5632-5637. https://jbasic.org/index.php/basicedu.
Nurhayati, N., Asrin, A., & Dewi, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Tinggi dalam Penyelesaian Soal Pada Materi Geometri di SDN 1 Teniga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 723–731. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.678.
Sanaky, Hujair A.H. 2019. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.470
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Isnaeni Maryam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License