Analisis Keterampilan Teknologi Siswa SMK M Kelas X TKJ dalam Mendukung Pembelajaran Abad 21
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan teknologi siswa di SMK M kelas X TKJ dalam mendukung pembelajaran abad 21. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, keterampilan digital menjadi komponen penting dalam kesiapan siswa menghadapi dunia kerja yang terus berkembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan instrumen diagnostik untuk mengukur tingkat kemampuan teknologi siswa dalam konteks pembelajaran. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan tingkat keterampilan teknologi siswa serta faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki keterampilan dasar dalam penggunaan teknologi, namun masih terdapat kesenjangan dalam penerapan teknologi untuk tugas-tugas yang lebih kompleks. Penelitian ini juga mengidentifikasi peran pelatihan dan dukungan dari sekolah yang berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan teknologi siswa. Kesimpulannya, pengembangan keterampilan teknologi siswa harus lebih diperhatikan untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan relevan dengan tuntutan abad 21.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. (2021). Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(3), 115-130.
Anwar, M., & Fitria, S. (2022). Evaluasi Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Abad 21: Studi Kasus di SMK. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(2), 45-59.
Diani, L. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Digital untuk Pembelajaran SMK: Peluang dan Tantangan. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(1), 98-105.
Hidayat, R. (2023). Keterampilan Digital untuk Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Abad 21, 7(4), 212-223.
Iskandar, F., & Pratama, D. (2021). Analisis Keterampilan Teknologi dalam Pembelajaran di SMK. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 1, 32-40.
Kurniawati, S., & Agustina, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Teknologi di SMK: Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(2), 101-112.
Lestari, D. P. (2024). Transformasi Digital dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Kasus di SMK Meranjat. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 87-94.
Prabowo, T., & Sugiyanto, E. (2022). Keterampilan Teknologi Siswa dalam Mendukung Pembelajaran Abad 21: Tantangan dan Solusi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(3), 150-165.
Rachmawati, A., & Hasanah, U. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi terhadap Keterampilan Siswa SMK dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 12(2), 76-90.
Sari, M., & Prasetyo, B. (2025). Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasional, 8(1), 56-67.
Setiawan, R., & Haryanto, I. (2024). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di SMK Meranjat: Perspektif Siswa dan Guru. Jurnal Pendidikan Abad 21, 9(4), 132-145.
Susanto, T., & Agustin, L. (2021). Keterampilan Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Kasus di SMK Meranjat. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 4(1), 59-72.
Wahyudi, D., & Pramudya, A. (2020). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 128-140.
Widodo, S., & Nugroho, H. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi terhadap Keterampilan Siswa di SMK Meranjat. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(3), 102-115.
Zainal, M., & Huda, S. (2023). Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi di SMK untuk Mendukung Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan Kejuruan, 11(4), 34-48.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.467
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhamad Handi pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License