Analisis Keterampilan Penyelesaian Tugas Siswa Kelas XI.1 Berdasarkan Angket di SMA N 1 Talang Kelapa

Yesi Amelinda, Nova Tri Wulan Wahyu Ningsih, Amelia Putri, Hany Natari Adha, Silvia AR

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat keterampilan penyelesaian tugas belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Talang Kelapa berdasarkan hasil angket. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 25 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup yang mencakup indikator kemampuan memahami instruksi, manajemen waktu, kedisiplinan, kualitas hasil tugas, dan kemandirian. Hasil analisis menunjukkan bahwa 72% siswa berada pada kategori sedang, 24% pada kategori rendah, dan hanya 4% pada kategori tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa memiliki keterampilan dasar yang memadai, meskipun masih perlu pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini memberikan dasar bagi guru untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa secara mandiri.

Keywords


Keterampilan tugas, siswa, manajemen waktu, kedisiplinan, pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla , Z., Taqwin , . . . Sari, M. E. (2022).

Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Kamsi, N., Safitri, M., & Roybah. (2021). Pendidikan Dan Masa Depan : Tingkat Kesadaran Masyarakat Tentang Pendidikan Di Kelurahan Rahmah. Edification, 4(1). 76-91.

Khairuddin. (2017). Perbedaan Keterampilan Belajar Mahasiswa Berprestasi Tinggi Dan Berprestasi Rendah Pada Prodi Bki Fitk Uin – Su Medan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(1). 1-11.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1). 29-40.

Nasihudin, & Hariyadin. (2021). Pengembangan Keterampilan Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4). 733-743.

Nugraheni, I., Budiati, A. C., & Nurhadi. (2024). Analisis Strategi Sekolah Dalam Melaksanakan Kebijakan Penghapusan Penjurusan Di Sma Negeri 3 Surakarta. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3). 412-425.

Sitohang, E. O., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kontribusi Kesigapan Belajar Dan Metode Belajar Siswa Smp Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Ipa Terpadu, 4(2). 43-52.

Tambun, S. I., Sirait, G., & Simamora, J. (2020). Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Bab Iv Pasal 5 Mengenai Hak Dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua Dan Pemerintah. Visi Ilmu Sosial Dan Humaniora (Vish), 1(!). 82-88.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 syipa syipa syipa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License