Peningkatan Kemampuan Literasi pada Siswa Melalui Media Lapbook pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD

Fitri Nur Aini, Lusy Tunik Muharlisiani, Ahmad Khoirussyifa' Amrullah

Abstract


Penelitian ini mengkaji efektivitas penggunaan media lapbook dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V SD pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Latar belakang penelitian menunjukkan rendahnya tingkat literasi siswa Indonesia berdasarkan survei PISA 2022 dengan skor 373, serta hasil observasi awal yang menemukan hanya 40% siswa kelas V SD mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPAS. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 2 siklus, melibatkan 29 siswa kelas V SDN Pakis V Surabaya sebagai subjek penelitian. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan literasi siswa setelah penerapan media lapbook, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 40% pada pra-siklus menjadi 65,5% pada siklus I dan 86,2% pada siklus II. Nilai rata-rata siswa juga meningkat dari 64,5 menjadi 72,3 pada siklus I dan 80,7 pada siklus II. Aspek literasi yang paling berkembang meliputi pemahaman konsep IPAS, kemampuan menulis, dan kemampuan presentasi. Penelitian ini membuktikan bahwa lapbook merupakan media pembelajaran efektif yang mendorong konstruksi pengetahuan, kemampuan abad 21, dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran kreatif di tingkat sekolah dasar.


Keywords


Kemampuan Literasi, Lapbook, IPAS, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916

Andi Asrafiani Arafah, Sukriadi, S., & Auliaul Fitrah Samsuddin. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Illahi, A. M., Alindra, A. L., Apriliani, D., & ... (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Lapbook pada Mata Pelajaran IPAS Bagian Tubuh-Tumbuhan. Jurnal Pendidikan …, 7, 32237–32244. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12268

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118

Jamaludin, G. M., & Rosidah, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa dengan Penggunaan Media. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 41–49. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/

Kurnita Yeniningsih, T., Muliya Rizka, S., Amalia, D., & Rosita, D. (2021). Pengembangan Lap Book Sebagai Media Pengenalan Dan Pencegahan Covid-19 Pada Anak Usia Dini. Jim Paud), 6(3), 107–115.

Marisol, J., & Neira, E. (2024). The upsides to working with a lap book as a study aid Ventajas de trabajar con un lapbook como apoyo de estudio Resumen. 21–31.

Nikmah, E. A., Utaminingsih, S., & Masfuah, S. (2021). Peningkatan Literasi Membaca Melalui Model Problem Solving Berbantuan Magic Spin Board. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 81–89. https://doi.org/10.24176/jino.v4i2.5956

Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 134–140. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889

Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan JeromeBruner: Model Pembelajaran Aktif dalam PengembanganKemampuan Kognitif Anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 209–228.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fitri Nur Aini, Lusy Tunik Muharlisiani, Ahmad Khoirussyifa' Amrullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License