Tren dan Tantangan Deteksi Plagiarisme dalam Penulisan Akademik: Sebuah Kajian Sistematis Literatur

Muhammad Fadli, Ratu Chaterine Fajri, Faila Suffah, Reski Meidasari, Marbudi Marbudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren dan tantangan dalam deteksi plagiarisme pada penulisan akademik melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) terhadap publikasi ilmiah selama dekade terakhir (2015–2025). Dalam era digital yang ditandai oleh kemudahan akses informasi dan tekanan publikasi akademik, plagiarisme menjadi isu krusial yang mengancam integritas ilmiah. Penelitian ini menganalisis 10 artikel yang dipilih secara ketat dari 100 publikasi awal berdasarkan relevansi dan kriteria inklusi. Hasil kajian menunjukkan bahwa plagiarisme tidak hanya disebabkan oleh niat menyalin, tetapi juga oleh rendahnya literasi akademik, lemahnya kemampuan parafrase, serta kurangnya pemahaman etika ilmiah. Bentuk plagiarisme yang kompleks seperti parafrase tidak tepat, self-plagiarism, dan plagiarisme terjemahan masih sulit terdeteksi oleh sistem yang ada saat ini. Keterbatasan algoritma, basis data, serta ketidaktepatan dalam membedakan kutipan sah dan plagiarisme turut menjadi kendala utama. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan multidisipliner yaitu menggabungkan teknologi seperti machine learning, natural language processing, serta kebijakan etis dan edukatif dalam membangun sistem deteksi plagiarisme yang adil dan efektif. Temuan ini diharapkan menjadi kontribusi signifikan dalam pengembangan teknologi pendeteksi plagiarisme serta penyusunan kebijakan akademik yang mendukung integritas ilmiah.

Keywords


Deteksi Plagiarisme; Etika Akademik; Kajian Sistematis Literatur

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Fadli, Ratu Chaterine Fajri, Faila Suffah, Reski Meidasari, Marbudi Marbudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License