Peningkatan Hasil Belajar Matematika Berbantuan Media Padi pada Siswa Kelas VI SDN Pakis 5 Surabaya
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi penyajian data melalui penerapan media PADI (Papan Diagram) pada siswa kelas VI SDN Pakis 5 Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam memahami konsep penyajian data karena metode pembelajaran yang kurang visual dan kontekstual. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data berupa tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa, yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, hanya 44,83% siswa yang mencapai nilai di atas KKTP (75) dengan rata-rata kelas sebesar 69,66. Setelah penerapan media Papan Diagram, ketuntasan meningkat menjadi 72,41% pada siklus I dengan rata-rata 74,14, dan mencapai 86,21% pada siklus II dengan rata-rata nilai 81,38. Selain aspek kognitif, penggunaan media ini juga meningkatkan keaktifan, partisipasi, dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa media PADI (Papan Diagram) efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran matematika, khususnya pada materi penyajian data, serta dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan bermakna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, A., Dewi, K., Kertayasa, I. K., & Narayanti, P. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Papan Diagram Sekolah Dasar ( the Influence of Use of Diagram Board Media on Learning Outcomes of Statistics Materials in Primary School Students ). Jatmika, 2(1), 56. https://doi.org/10.36417/jels.v2i1.683
Agustin, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Surah Al-Ma’un. Siklus, 1(1), 16–28. http://www.academia.edu/8191448/Jurnal_siklus_men
Anwar, A., & Rahimu, W. O. S. O. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Visual pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 50–57. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.390
Apriliani, Y., Nur Arif, M., Sutriyani, W., & Wakit, A. (2023). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Padi (Papan Diagram) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Apriliani, Y., Nur Arif, M., Sutriyani, W., & Wakit, A. (2023). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Padi (Papan Diagram) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(3), 172–179. Https://Doi.Org/10.55732/Jmpd, 2(3), 172–179. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i3.129
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Badiah, D. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i1.2
Baihaqy, A. R., & Wulandari, E. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING BERBANTUAN LKPD MATERI RELASI DAN FUNGSI. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i1.3
Cahyani, A. N., Kironoratri, L., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Papan Diagram Pada Siswa Kelas V SD. Didaktik, 9(4), 2313–2316. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1665/1407
Cahyani, B. R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Padang (Papan Diagram Batang) Pada Materi Penyajian Data Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 55–65. https://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/676
Dewi Ratnasari, A. A. K., Kertayasa, I. K., & Narayanti, P. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Papan Diagram Terhadap Hasil Belajar Materi Statistika Siswa Sekolah Dasar. JATMIKA: Journal Education and Learning of Elementary School, 2(1), 56–69. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/340
Komariyah, N. S. L. D. P. (2021). Pengaruh Media PADI (Papan Diagram) terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (SANTIKA), 706–726. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/340
Latifaturrodhita, U., Damayanti, R., Romlah, S., Wijaya Kusuma, U., Dukuh Kupang XXV No, J., Kupang Surabaya, D., Timur, J., Dukuh Kupang, S., Raya Dukuh Kupang Barat No, J., Gede, P., & Kunci, K. (2024). Pengguanaan Media Papan Diagram untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Diagram Batang. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 52–62. https://ejournal.rizaniamedia.com/index.php/edutama
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mardhiyana, A., Nugroho, A. A., Pathonah, S., Pendidikan, S., & Guru, P. (2025). Pengaruh Media PADANG ( Papan Diagram Batang ) terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(1), 1–9. https://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/676
Mawarini, D., Wakhyudin, H., & Rozikin, M. A. (2024). Implementasi Media Papan Diagram terhadap Kemampuan Literasi Numerik Siswa Kelas IV di SDN Sendangmulyo 02. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 31220–31226. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/18085/13073
Paizaludin, & Ermalinda. (2016). Rancangan Penelitian Tindakan Kelas Model. Familia.
Silvia Masithoh, A., & Wijayanti, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Diagram Garis Melalui Penggunaan Media Papan Diagram pada Siswa Kelas IV SD. Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 7(1), 1–7.
Syifaun Nafisah, & Yayang Furi Furnamasari. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Papan Pintar Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Dua Uptd Sdn 1 Juntinyuat. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(3), 208–216. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i3.360
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Kurnia Azizatul Ibrila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License