Manajemen Pembelajaran Kelas Digital Berbasis Edutainment dalam Menguatkan Keterampilan 4C Peserta Didik pada Pembelajaran Fiqh di MAN Salatiga

Umi Lailatul Chofifah, Fatchurrohman Fatchurrohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara mendalam manajemen pembelajaran kelas digital berbasis edutainment dalam menguatkan keterampilan abad 21 peserta didik pada pembelajaran fiqih di MAN Salatiga. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan data yang diperoleh penelitian bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dilaksanakan melaui data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran kelas digital berbasis edutainment dalam menguatkan keterampilan abad 21 peserta didik MAN Salatiga yakni sebagai sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, program semester, silabus serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/Modul ajar. (2) Pengorganisasian pembelajaran meliputi tiga tahapan: pertama, sebelum masuk kelas (pre-conditions), kedua, saat di dalam kelas dan, tahap ketiga sesudah pengajaran.  (3) Pelaksanaan pembelajaran meliputi aktivitas awal, aktivitas inti dan aktivitas penutup. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam menguatkan keterampilan abad 21 meliputi strategi (problem based learning, project based learning, cooperative group investigation, dan inquiry learning), metode (diskusi, penugasan, ceramah, pembiasaan, tanya jawab dan keteladanan) dan media ajar. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran ini peserta didik dapat menguatkan daya pikirnya dalam bernalar kritis untuk memecahkan masalah, mampu mengutarakan/menyapaikan ide dan pendapatnya di forum berdasarkan permasalahan yang telah didiskusikan secara bersama-sama, yang mampu memunculkan daya kreatif dan inovasi dalam mencari serta menuntasakan suatu persoalan pembelajaran dengan rasa yakin dan percaya diri tinggi. (4) Evaluasi Pembelajaran kelas digital meliputi evaluasi proses dan hasil belajar. Hasil penelitian juga menemukan beberapa problematika yang dihadapi pada pembelajaran kelas digital yang meliputi; problematika yang dihadapi guru, problematika yang dihadapi peserta didik dan problematika sarana dan prasarana sekolah.

Full Text:

PDF

References


Adrillian, H., & Noriza, D. (2024). Studi Literatur : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik, 57–65. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

Amaliyah Iqbal, N. (2022). Pembelajaran akidah akhlak berbasis metode edutaiment di madrasah aliyah negeri (man) wajo. Jurnal Studi Islam, 9, 76–84.

Anggun Asri Winarti, Fachrizal Alwi, Lisa Sabina, Nurul Fatwa Sipayung, & Ririn Indriani. (2023). Upaya Penerapan Evaluasi Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 154–166. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.2021

Arafatsyah, & Latifah, A. (2023). Peran Materi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sdn 1 Sidoharjo. Unisan Journal, 2, 388–395.

Arifin, Z. (2022). Manajemen Peserta Didik sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.3025

Ermawati, S. M. P., Putri, R. S., Sukma, G. D., & Leska, V. (2023). Pengembangan Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 249–259. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1350

Habibah, P. N., Makhshun, T., & Samsudin. (2023). Penerapan Mental Health terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 125–135.

Hakim, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problematikanya Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mi Tarbiyatut Tholabah Nur Hakim Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah. Jurnal PGMI Volume, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i1.2633

Hendri, J., Susanti, T., Hamdina, W., Idris, D. A., & Hayati, R. (2024). Supervisi Sebagai Strategi Dalam Merefleksi Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Masyitah Abstrak. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 825–829. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Idrus, M., & Feri Fernadi, M. (2023). Implementasi Didaktik Metodik Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab ‘Adabul’alim Wal Muta’alim Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Dan Madrasah Aliyah Al Akbar Banyuasin. 02(02), 382–393. https://doi.org/https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjourna

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran Pada Guru Mts Massaratul Mut ’ Allimin Banten Jurnal Pengabdian Masyarakat. 16(1), 63–72.

Kemenag, D. K. M. D. P. I. (2022). Contoh TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. 1–202. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=vOF-EAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PT1%5C&dq=sejarah+filsafat+islam%5C&ots=euz5Gxfogu%5C&sig=GKDPm80gScZ7OGKSohZ6Y9jiwDY

Lilawati, E., & Rohmah, H. (2019). Tanggapan Siswa Sma Kelas X Terhadap Pembelajaran Fiqih Berbasis Murder. Seminar Nasional Multidisiplin, 1, 106–109.

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696

Mansyur, A. R., & Bunyamin, A. (2022). Telaah Problematika Anak Slow Learner dalam Pembelajaran. Education and Learning Journal, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.147

Mardhiyah, R. H., Fajriyah Aldriani, Sekar Nurul Chitta, F., & Rizal Zulfikar, M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jurnal Pendidikan. 12(1), 29–40.

Maskurin, R., Yasaroh, A., Zulfah, M. A., & Yuan, M. K. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Kelas Digital terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang. Journal of Education and Management Studies, 5(2), 90–97.

Muflihin, A. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.91-103

Muhali. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21 jurnal penelitian dan pengkajian pendidikan: e-Saintika. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25–50. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Muna, Z. (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Madrasah Aliyah Al Falah Puteri. Jurnal Cendekia, 16(1), 32–44. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/cendekia.

Neliwati, N., Lestari, I., Pay Hasibuan, M. K., & Hasibuan, S. T. (2024). Peran Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Sekolah. Journal on Education, 6(2), 10918–10927. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4742

Ningrum, M. S., Khusniyati, A., & Ni’mah, M. I. (2022). MENINGKATKAN KEPEDULIAN TERHADAP GANGGUAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1174–1178.

Novitasary, R. R. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 100–112. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p100-112

Putri, M. J., Aprison, W., Iswantir, & Afrinaldi. (2023). Implementasi Strategi Ekspositori dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Payakumbuh. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(2), 114–125. https://doi.org/https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i2.1023

Rahman, A. A., Lengkana, A. S., & Angraeni, A. (2021). Pembekalan Dan Implementasi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru Bahasa Inggris Smp Kabupaten Sumedang. Jurnal Widya Laksana, 10(2), 202. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i2.32352

Rahman, T., Basri, M. H., Mashuri, H., & Prasetyo, D. A. (2021). Respon mahasiswa terhadap perkuliahan online. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 155–168. https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15217

Rahman, T., & Junaidi. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. INCARE, International Journal of Educational Resources, 02(02).

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPIK/article/view/17824

Rijal, A. F., Nugroho, W., & Kardipah, S. (2022). Optimalisasi Youtube sebagai Media Pembelajaran Fiqih. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5690–5695. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1287

Siti Zubaidah. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, September, 1–7.

Situmeang, D., Situmeang, E., Sijabat, M., Zalukhu, S. M., Sitepu, H. I., Gereja, P. M., Ilmu, F., & Kristen, P. (2024). Identifikasi Penyebab Siswa Terlambat Datang Setiap Pagi ke Sekolah. Innovative: Journal of Social Science Research, 4, 14056–14063.

Sukri, Y. dwi A., Sultan, M. A., & Sarah. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGERJAAN SOAL CERITA MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL Yuni. Journal of Teacher Professional, 2(4), 1157–1164. https://doi.org/DOI.10.35458

Sundulusi, C., Sutarna, S., Dimyati, A., Nurjanah, E., & Ahmad, A. (2022). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 3 Karawang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2715–2721. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.763

Suryanti, S., Arifani, Y., & Sutaji, D. (2020). Augmented Reality for Integer Learning: Investigating its potential on students’ critical thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012041

Tanjung, N., Wirda, F., & Irwansyah. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Azhar Medan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9204–9214.

Wulan Sekar Tanjung, A., Bektiarso, S., & Djoko Lesmono, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Sumber Belajar Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 67–75. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.35163.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Umi Lailatul Chofifah, Fatchurrohman Fatchurrohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License