Manajemen Pembelajaran Kelas Digital Berbasis Edutainment dalam Menguatkan Keterampilan 4C Peserta Didik pada Pembelajaran Fiqh di MAN Salatiga
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adrillian, H., & Noriza, D. (2024). Studi Literatur : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik, 57–65. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Amaliyah Iqbal, N. (2022). Pembelajaran akidah akhlak berbasis metode edutaiment di madrasah aliyah negeri (man) wajo. Jurnal Studi Islam, 9, 76–84.
Anggun Asri Winarti, Fachrizal Alwi, Lisa Sabina, Nurul Fatwa Sipayung, & Ririn Indriani. (2023). Upaya Penerapan Evaluasi Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 154–166. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.2021
Arafatsyah, & Latifah, A. (2023). Peran Materi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sdn 1 Sidoharjo. Unisan Journal, 2, 388–395.
Arifin, Z. (2022). Manajemen Peserta Didik sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.3025
Ermawati, S. M. P., Putri, R. S., Sukma, G. D., & Leska, V. (2023). Pengembangan Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 249–259. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1350
Habibah, P. N., Makhshun, T., & Samsudin. (2023). Penerapan Mental Health terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 125–135.
Hakim, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problematikanya Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mi Tarbiyatut Tholabah Nur Hakim Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah. Jurnal PGMI Volume, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i1.2633
Hendri, J., Susanti, T., Hamdina, W., Idris, D. A., & Hayati, R. (2024). Supervisi Sebagai Strategi Dalam Merefleksi Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Masyitah Abstrak. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 825–829. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Idrus, M., & Feri Fernadi, M. (2023). Implementasi Didaktik Metodik Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab ‘Adabul’alim Wal Muta’alim Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Dan Madrasah Aliyah Al Akbar Banyuasin. 02(02), 382–393. https://doi.org/https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjourna
Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran Pada Guru Mts Massaratul Mut ’ Allimin Banten Jurnal Pengabdian Masyarakat. 16(1), 63–72.
Kemenag, D. K. M. D. P. I. (2022). Contoh TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. 1–202. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=vOF-EAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PT1%5C&dq=sejarah+filsafat+islam%5C&ots=euz5Gxfogu%5C&sig=GKDPm80gScZ7OGKSohZ6Y9jiwDY
Lilawati, E., & Rohmah, H. (2019). Tanggapan Siswa Sma Kelas X Terhadap Pembelajaran Fiqih Berbasis Murder. Seminar Nasional Multidisiplin, 1, 106–109.
Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696
Mansyur, A. R., & Bunyamin, A. (2022). Telaah Problematika Anak Slow Learner dalam Pembelajaran. Education and Learning Journal, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.147
Mardhiyah, R. H., Fajriyah Aldriani, Sekar Nurul Chitta, F., & Rizal Zulfikar, M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jurnal Pendidikan. 12(1), 29–40.
Maskurin, R., Yasaroh, A., Zulfah, M. A., & Yuan, M. K. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Kelas Digital terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang. Journal of Education and Management Studies, 5(2), 90–97.
Muflihin, A. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.91-103
Muhali. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21 jurnal penelitian dan pengkajian pendidikan: e-Saintika. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25–50. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Muna, Z. (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Madrasah Aliyah Al Falah Puteri. Jurnal Cendekia, 16(1), 32–44. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/cendekia.
Neliwati, N., Lestari, I., Pay Hasibuan, M. K., & Hasibuan, S. T. (2024). Peran Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Sekolah. Journal on Education, 6(2), 10918–10927. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4742
Ningrum, M. S., Khusniyati, A., & Ni’mah, M. I. (2022). MENINGKATKAN KEPEDULIAN TERHADAP GANGGUAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1174–1178.
Novitasary, R. R. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 100–112. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p100-112
Putri, M. J., Aprison, W., Iswantir, & Afrinaldi. (2023). Implementasi Strategi Ekspositori dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Payakumbuh. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(2), 114–125. https://doi.org/https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i2.1023
Rahman, A. A., Lengkana, A. S., & Angraeni, A. (2021). Pembekalan Dan Implementasi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru Bahasa Inggris Smp Kabupaten Sumedang. Jurnal Widya Laksana, 10(2), 202. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i2.32352
Rahman, T., Basri, M. H., Mashuri, H., & Prasetyo, D. A. (2021). Respon mahasiswa terhadap perkuliahan online. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 155–168. https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15217
Rahman, T., & Junaidi. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. INCARE, International Journal of Educational Resources, 02(02).
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPIK/article/view/17824
Rijal, A. F., Nugroho, W., & Kardipah, S. (2022). Optimalisasi Youtube sebagai Media Pembelajaran Fiqih. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5690–5695. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1287
Siti Zubaidah. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, September, 1–7.
Situmeang, D., Situmeang, E., Sijabat, M., Zalukhu, S. M., Sitepu, H. I., Gereja, P. M., Ilmu, F., & Kristen, P. (2024). Identifikasi Penyebab Siswa Terlambat Datang Setiap Pagi ke Sekolah. Innovative: Journal of Social Science Research, 4, 14056–14063.
Sukri, Y. dwi A., Sultan, M. A., & Sarah. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGERJAAN SOAL CERITA MELALUI METODE BERMAIN KARTU SOAL Yuni. Journal of Teacher Professional, 2(4), 1157–1164. https://doi.org/DOI.10.35458
Sundulusi, C., Sutarna, S., Dimyati, A., Nurjanah, E., & Ahmad, A. (2022). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 3 Karawang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2715–2721. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.763
Suryanti, S., Arifani, Y., & Sutaji, D. (2020). Augmented Reality for Integer Learning: Investigating its potential on students’ critical thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012041
Tanjung, N., Wirda, F., & Irwansyah. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Azhar Medan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9204–9214.
Wulan Sekar Tanjung, A., Bektiarso, S., & Djoko Lesmono, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Sumber Belajar Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 67–75. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.35163.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.436
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Umi Lailatul Chofifah, Fatchurrohman Fatchurrohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License