Implementasi Model PBL dengan Media Pembelajaran Bosiva pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDI Aisyiyah Jatinom

Safira Surya Adani, Ida Putriani, Desy Anindia Rosyida

Abstract


Hasil observasi pembelajaran IPA di SDI Aisyiyah Jatinom mengindikasikan bahwa pendidik belum memanfaatkan media berbasis teknologi dalam pembelajaran. Selama dua pertemuan, pendidik mengandalkan media non-digital seperti gambar sebagai alat bantu mengajar dan dominan menggunakan metode ceramah. Akibatnya, respons siswa terhadap pembelajaran kurang antusias dan partisipasi aktif minim. Siswa tampak tidak minat dan tidak fokus terhadap materi yang pendidik sampaikan, terlihat dari beberapa siswa yang tertidur di kelas, membuat kegaduhan, dan berbicara di luar konteks pelajaran. Kondisi ini berdampak negatif terhadap minat belajar siswa dan menyebabkan rendahnya hasil belajar . Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SDI Aisyiyah Jatinom, pengaplikasian model pembelajaran berbantuan media yang tepat sangat penting. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan ialah memanfaatkan media digital seperti Bosiva dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PBL dalam mata pelajaran IPAS untuk kelas V. Model PBL dipilih karena dapat membantu siswa dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan sebuah masalah. Ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pembelajaran menggunakan media digital seperti Bosiva dengan model pembelajaran pada pembelajaran IPAS di kelas V SDI Aisyiyah Jatinom. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Penerapan model pembelajaran PBL dengan bantuan media Bosiva pada pembelajaran IPAS kelas V SDI Aisyiyah Jatinom menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis, memecahkan sebuah masalah, komunikasi, dan kerjasama merupakan kompetensi penting yang perlu dikembangkan pada siswa. Penggunaan media digital seperti video, gambar, dan simulasi terbukti signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang sedang dipelajari. Dari hasil tes, rata-rata nilai yang dicapai siswa adalah 81,22, menunjukkan peningkatan pencapaian yang positif.


Keywords


model PBL, media Bosiva, pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

References


Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Vol. 3 No. 1.

BSKAP. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A – Fase C.

Fadlilah, U. N., Khamdun, & Purbasari, I. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas V. Journal on Education Vol. 6 No. 3, 16314-16321.

Fitrianto, A. D., Purnamasari, V., & Kusniati, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi IPAS Kelas V Berbantu Media Handbook . Prosding Seminar Nasional.

Ginasihan, E., Iriawan, S. B., & Indrayana, I. (2024). Penerapan Model PBL Berbasis Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan dan Keguruan.

Kasim, M., Faslia, & Suarti. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Belajar Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar . Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Krismawati, A., Arigethi, V. P., & Prayogo, M. S. (2024). Analisis Penerapan Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 SDN Mangli 02 Jember. JPPK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Volume 13 Nomor 2 Tahun 2024, 330- 335. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb .

Lince, M. N. (2024, Oktober 14). Penerapan Metode Observasi pada Materi Ekosistem. Retrieved from Smas Frater Don Bosco: https://smasfraterdonbosco.sch.id/opini-guru/penerapan-metode-observasi-pada-materi-ekosistem

Londa, T. K. (2023). BUKU AJAR PENGEMBANGAN MATERI DAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR . Tahta Media Group.

Malikhatussafah, & Aprinastu, C. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 2 SD Kanisius Kadirojo. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol 3. No. 3.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasu Model PBL dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia Vol. 3, No. 2, 167-175.

Muna, F., Saputra, H. J., & Baktiningsih, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jeketro. Optimalisasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui PTK.

Nafiqoh, H. (2020). PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Retrieved from Artikel.IKIP Siliwangi: https://cls.ikipsiliwangi.ac.id/blog/pembelajaran-problem-based-learning

Nurdyansyah. (2019). Menganalisis Materi Pembelajaran Ekosistem dan Proses Kehidupan IPA di MI. MAKALAH IPA.

Paratiwi, T., & Ramadhan, Z. H. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research.

Pelu, M. (2019). Application of PBL Model With Variation in The Condition of Learning Environment (Seating) to Increase Student Learning Activity and Critical Thinking Ability. HISTORIKA Vol. 22 No. 2.

Pradana, R., Sofiyana, M. S., & Putriani, I. (2024). Bosiva As An Android E-Book In Discussion Of Adaptation Of Living Creatures For Fifth Grade Of Elementary School . JARES: Journal of Academic Research and Sciences Vol. 9 No. 2.

Pramatyanti, L. (2022). Keterampilan Komunikasi: Definisi, Manfaat, dan Cara Mengasahnya. Retrieved from Luar Sekolah: https://luarsekolah.com/article/keterampilan-komunikasi-definisi-manfaat-dan-cara-mengasahnya

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-faktor yang Memengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah dasar. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Volume 2, Nomor 2, 278-288. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa.

Smith, J. (2019). Umpan Balik Konstruktif dalam Pembelajaran. Journal of Educational Research, vol. 112(4).

Standar, B., Kurikulum, & Pendidikan, A. (2022). capaian Pembelajaran Mata Pelajaran IPAS Fase A- Fase C. Kemendikbudristek.

Suhelayanti, Syamsiah, Rahmawati, I., Tantu, Y. R., Kunusa, W. R., Suleman, N., . . . Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) . Langsa: Yayasan Kita Menulis.

Yelisa, R. N., Supriyanto, S., & Egok, A. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Muara Beliti . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI).

Zulfa, P. I., Ni'mah, M., & Amalia, N. F. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi IT dalam Mengatasi Keterbatasan Pendidikan di Era 5.0 pada Sekolah Dasar. El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/pgmi/article/view/3533.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Safira Surya Adani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License