Implementasi Pendekatan TaRL dan Diferensiasi Berbantuan Media Digital Guna Meningkatkan Hasil Belajar Materi Teks Surat Siswa SMP
Abstract
Kurikulum merdeka menekankan pada pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan siswa. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat memahami materi pembelajaran secara komprehensif dan sesuai dengan tingkatannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan implementasi pendekatan pembelajaran TaRL (Teaching at the Right Level) dan berdiferensiasi pada siswa jenjang SMP. Implementasi TaRL diawali dengan diagnostik awal ranah kognitif dan non-kognitif, pengelompokan peserta didik, dan perencanaan pembelajaran. Diagnostik awal ini diterapkan dalam pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang merepresentasikan proses pembelajaran. Sumber data berupa peristiwa pembelajaran dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 138 Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatoris dan analisis dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis model interaktif. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi antar-peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implemantasi TaRL serta diferensiasi konten dan proses pembelajaran menunjukkan keberhasilan. Hal ini ditandai dengan keaktifan peserta didik dari berbagai tingkatan kognitif dapat terlibat dalam pembelajaran. Penerapan media digital jamboard dan video edukatif ini menunjukkan respon positif terhadap hasil pembelajaran. Penelitian ini diharapkan berdampak pada pemahaman konsep dan pemahaman menganai integrasi pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini juga diharapkan memperkaya khazanah keilmuan kependidikan dan pengajaran inovatif bidang bahasa dan sastra.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bhirawa, T. L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Mengenai Teks Surat Dinas Berorientasi Pendekatan Saintifik di Kelas VII. Bapala, 5(1), 1–20. http://www.kajianteori.com/2014/02/pengertian-bahan-
Ching, M. C. H. (2021). Tahap Penerimaan Google Jamboardsebagai Alat Digital dalam E-Pembelajaran: Satu Kajian. Jurnalkurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 9(2), 34–45.
Ching, M. C. H., & Beden, S. (2020). Google Jamboard Sebagai Alat Digital dalam e-Pembelajaran Semasa Perintah Kawalan Pergerakan Pemulihan Akibat Pandemik COVID-19. E-Proceedings of 7th International Conference on Islamic Education 2020 (ICIEd 2020), 360–370.
Creswell, J. W. (2012). Research Design; Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage.
Janah, R., Widyaningrum, A., & Purnamasari, V. (2023). Penggunaan Media Lagu pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas III SDN 02 Krompeng. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 779–791. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1602
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290
Kemdikbud. (2022). CP & ATP Fase D Bahasa Indonesia. Guru.Kemdikbud.Go.Id.
Laumarang, S. N., Odja, A. H., & Supartin, S. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pemanasan Global. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 315–326. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2337
Belinda, L. N., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Papan Tulis Interaktif di Kelas Pada Abad 21. Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 23–31. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i1.2555
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. Sage Publications.
Na’imah, H. R., & Turistiani, T. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Pembelajaran Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Surat Dinas Siswa Kelas VII SMPN 2 Balen Bojonegoro. Bapala, 8(5), 71–82.
Nengsih, D., Febrina, W., Maifalinda, M., Junaidi, J., Darmansyah, D., & Demina, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 8(1), 150–158. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v8i1.1738
Novianti, F., Khusna, N. A., & Qurainisa, R. D. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Lagu Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 336–344.
Prihandini, D. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Sinergi Antara Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level dalam Menghadirkan Lingkungan Belajar Inklusif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.76
Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Penebar Media Pustaka.
Rosidah, A. (2021). Pemanfaatan Google Jamboard Sebagai Media Untuk Pembelajaran Interaktif Selama Pembelajaran Jarak Jauh.
Simanjunak, J. M. (2023). Desain dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen: Implementasi Desain dan Pengembangan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pelayanan Pendewasaan Umat di Sekolah dan Gereja. PBMR Andi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms (2nd Edition). ASCD.
Wahira, W., Hasan, H., & Hamid, A. (2024). PELATIHAN Pelaksanaan Pendekatan Teaching At The Right Level Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(2), 01–07. https://doi.org/10.59024/jpma.v2i2.697
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.325
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Akhmad Mukhibun, Edi Puryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License