Implementasi Nilai Karakter Demokratis dan Jujur Melalui Pembelajaran Integratif Akidah Akhlak Siswa MTs Banin Tajul Ulum Grobogan

Ahmad Mushonef, Sa'adi Sa'adi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, dan faktor pendukung penghambat internalisasi nilai karakter demokratis dan jujur melalui pembelajaran integratif mata pelajaran akidah akhlak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologis yang melibatkan informan kepala madrasah, guru akidah akhlak, siswa kelas VIII. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menemukan bahwa internalisasi nilai karakter demokrasi dan jujur melalui pembelajaran integratif mata pelajaran akidah akhlak adalah desain pembelajaran yang memuat langkah-langkah dalam penanaman karakter demokratis dan jujur. Dalam pelaksanaan pembelajaran integratif dalam membentuk karakter demokratis menggunakan integrasi metode brainstorming dengan diskusi, dan pelaksanaan pembelajaran integratif dalam membentuk karakter jujur menggunakan integrasi metode Numbered head together (NHT) dengan cooperative script. Faktor pendukung yaitu perencanaan program yang matang, fasilitas yang memadai, dan iklim sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya, meliputi faktor internal, eksternal dan alokasi waktu yang singkat.


Keywords


karakter demokratis; karakter jujur; pembelajaran integratif akidah akhlak

Full Text:

PDF

References


Bitari Widia Sari & Dedih Surana. (2022). Model Pembelajaran Integratif untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 65–71. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.988

Chayati, N. (2012). Pengelolaan pembelajaran sikap demokratis di smp muhammadiyah 1 kartasura (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Online)(Evaluasi Pembelajaran-Dr. Rina.

Fensi, F. (2020). Peran media sosial dalam pembentukan karakter siswa SMA & SMK Bhinneka Tunggal Ika, Jakarta. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(2).

Hadijaya, Y. (2016). Strategi Penerapan Kurikulum Integratif Tematik DI Sekolah Aliyah. Diterbitkan oleh: Perdana Publishing Kelompok Penerbit Perdana Mulya Sarana (Anggota IKAPI No. 022/SUT/11).

Hahn, C. L. (2003). Democratic values and citizen action: A view from US ninth graders. International Journal of Educational Research, 39(6 SPEC.ISS.), 633–642. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2004.07.010

Hidayat, W. N. (2022). INTERNALISASI AKHLAK KEPADA SESAMA MELALUI METODE CERITA DAN TANYA JAWAB PADA SANTRI TPQ AL-IKHLAS DI PUSAT HIBURAN MALAM SARIREJO, KELURAHAN SIDOREJO LOR KOTA SALATIGA TAHUN 2022 (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Hidayat, W. N., & Malihah, N. (2023). Implementasi Beberapa Teori Belajar Dalam Aplikasi Sholat Fardhu (Studi: Teori Koneksionisme Edward L. Thorndike, Teori Belajar Medan Kurt Lewin, dan Teori Kondisioning Ivan Pavlop di Masjid Al-Ikhlas Sarirejo). Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 1-10.

Inten, D. N. (2017). Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(1).

Isnaini, M. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah. Al-Ta lim Journal, 20(3), 445–450. https://doi.org/10.15548/jt.v20i8.41

Marjuki, A. I. (2019). Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dengan Sains di SMKN 3 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Moha, I., & Sudrajat, D. (2019). Resume Ragam Penelitian Kualitatif. EQUILBRIUM. https://doi.org/10.31227/osf.io/wtncz

Mukhlasin, A., & Wibowo, R. (2018). Desain Pengembangan Kurikulum Integratif dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tawadhu, 2(1), 364-380.

Mulyati,et al. (2020). Pengaruh Keteladanan Guru Dan Orang Tua Terhadap Sikap Kejujuran Siswa. Jurnal Cendika, 14(2), 183–195.

Ndirangu, M., & Udoto, M. O. (2011). Quality of learning facilities and learning environment: Challenges for teaching and learning in Kenya's public universities. Quality Assurance in Education, 19(3), 208-223.

Noviati, C. E. (2013). Demokrasi dan sistem pemerintahan. Jurnal Konstitusi, 10(2), 333-354

Nugroho, B. T. A., & Hidayat, W. N. (2019). Generasi Muslim Milenial Sebagai Model Islam Wasatiyyah Zaman Now. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah, 7(1), 32-50.

Nurhayati, N. (2018). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Kejujuran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Ponorogo. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), 1543-1549.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan dasar di perbatasan pada era digital. Jurnal basicedu, 5(5), 3089-3100.

Purwanto, P., FAdli, M. U., & Hidayat, W. N. (2023). Values Education According To Yusuf Qardhawy And Ki Hajar Dewantara. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 5(1), 112-123.

Utomo, M., Wargo, W., & Musthofa, M. A. (2023). The Role of Pencak Silat in Forming Youth Character. Zabags International Journal Of Education, 1(1), 25-36.

Wargo, T. A., Herfina, Z. A., & Muhamad Riyad, M. (2020). IMPROVING CREATIVITY THROUGH STRENGTHENING TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP, SELF EFFICIENCY AND ACHIEVEMENT MOTIVATION. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(6), 12898-12911.

Wells, D. D., & Molina, A. D. (2017). The truth about honesty. Journal of Public and Nonprofit Affairs, 3(3), 292-308.

Yusuf, N., & Rohmah, T. (2020). Pengaruh Pola Tidur Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1).




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i5.319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Mushonef, Sa'adi Sa'adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License