Analisis Kualitas Butir-Butir Soal Menggunakan Iteman sebagai Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi butir soal berdasarkan tingkat kesulitan, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh pada ujian ulangan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rao Utara. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan sampel dari kelas X IPA 1, X IPS 1, dan X IPS 2 yang berjumlah 200 siswa. Analisis dilakukan terhadap 40 butir soal menggunakan ITEMAN untuk menilai tingkat kesulitan, di mana ditemukan 15 soal sulit, 15 soal sedang, dan 10 soal mudah. Evaluasi ini menyarankan untuk meninjau kembali tingkat kesulitan soal. Selanjutnya, analisis terhadap daya pembeda menunjukkan bahwa 7 soal sangat baik, 17 soal baik, 9 soal cukup, dan 7 soal perlu diperbaiki karena dinilai kurang baik. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa ada tiga soal yang perlu diganti karena tidak efektif dalam mengecoh siswa dalam menjawabnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitrianawati, Meita. 2017. “Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik,” May. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9117.
Hendrayadi, Hendrayadi, Martin Kustati, and Rezki Amelia. 2024. “ANALISIS ULANGAN HARIAN MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 10 PADANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024 (℡AAH TERHADAP RELIABILITAS, DAYA BEDA DAN TINGKAT KESUKARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ANATES).” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 7 (3): 6954–61.
Kustati, Martin, and Rezki Amelia. 2023. “Analisis Kualitas Butir-Butir Soal Ulangan Harian Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Iteman.” SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (3): 142–55.
Magdalena, Ina. 2021. Desain Evaluasi Pembelajaran SD. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=OvQ4EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Validasi+dilakukan+menggunakan+alat+evaluasi+berupa+lembar+telaah+soal+yang+mempertanyakan+aspek+materi,+konstruksi,+dan+bahasa+(Nurgiyantoro,+2013)&ots=Vgq8sv9hl4&sig=fDpli6SVEVAn_4pLd8RLSwJKiLA.
Marambaawang, Damianus, Vidriana Oktoviana Bano, and Riwa Rambu Hada Enda. 2023. “ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN 2021/2022 MENGGUNAKAN ITEMAN DI SMP NEGERI 1 KAMBERA.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 4 (1): 233–43.
Nuriyah, Nunung. 2016. “Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori.” Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 3 (1). https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/edueksos/article/view/327.
Pradani, Rizka Abri, and Anwar Efendi. 2023. “Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Menggunakan Program Iteman (Analysis of School Exam Questions Using the Iteman Program).” Indonesian Language Education and Literature 8 (2): 275–89.
Setiadi, Hari. 2016. “Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 20 (2): 166–78.
Thorndike, Robert L., and Elizabeth Hagen. 1969. “Measurement and Evaluation in Psychology and Education.” https://eduq.info/xmlui/handle/11515/8429.
Wijayanti, Enny, and Mundilarto Mundilarto. 2015. “Pengembangan Instrumen Asesmen Diri Dan Teman Sejawat Kompetensi Bidang Studi Pada Mahasiswa.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 19 (2): 129–44.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurlaila Laila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License