Efektifitas Media Video dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah

Oktio Frenki Biantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan jenis Studi Kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik utama: Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Analisis data mengikuti pendekatan yang dijelaskan oleh Miles & Huberman. Teknik Triangulasi diterapkan untuk memastikan keabsahan datanya. Penggunaan media video dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah merupakan sebuah inovasi dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Efektivitas penggunaan media video ini terbukti dalam meningkatkan pemahaman materi dengan menyajikan informasi secara visual dan audio, meningkatkan retensi informasi, membantu siswa memahami konsep yang kompleks, memberikan gambaran visual yang jelas dan konteks praktis, serta meningkatkan keterlibatan siswa dengan format yang menarik, animasi, dan narasi. Selain itu, penggunaan media video juga memungkinkan siswa untuk belajar mandiri dengan fleksibilitas waktu dan tempat. Implikasi dari penggunaan media video dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah sangat signifikan. Pertama, media video memperkaya metode pengajaran yang ada dengan menambah dimensi visual dan audio. Kedua, penggunaan media video meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh. Ketiga, media video juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, karena menyajikan materi dengan format yang menarik dan interaktif. Terakhir, penggunaan media video mempermudah proses evaluasi, karena memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.

Keywords


efektivitas, media video, pembelajaran, sejarah kebudayaan islam, madrasah diniyah

Full Text:

PDF

References


Baharudin. (2010). Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media Group.

Christanty, Z. J., & Cendana, W. (2021). Upaya guru meningkatkan keterlibatan siswa kelas K1 dalam pembelajaran synchronous. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(3), 337-347.

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional Di Sekolah Dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208-219.

Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Elfira, I., Syamsurizal, S., & Lufri, L. (2023). Systematic Literature Review: Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 93-109.

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of educational research, 74(1), 59-109.

Hafizah, S. (2020). Penggunaan dan pengembangan video dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225-240.

Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno, Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010, 121.

Handelsman, M. M., Briggs, W. L., Sullivan, N., & Towler, A. (2005). A measure of college student course engagement. The Journal of Educational Research, 184-191.

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.

Lestari, N. I. B., Wisudawati, A. W., & Salfadilah, F. (2023). Systematic Literature Review Pengembangan Media Video Animasi Matematika Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5990-5992.

Muhli, Ahmad. (2012). Efektivitas Pembelajaran. Jakarta: Wordpress.

Mukaromah, D., Sugiyo, S., & Mulawarman, M. (2018). Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran ditinjau dari Efikasi Diri dan Self Regulated Learning. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(2), 14-19.

Muthi, A. Z., Fadhilah, N. R., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2023). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Dokumenter dalam Pembelajaran IPS pada Siswa SMP. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 1(6), 104-116.

Ngalim Purwanto,M.P, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004, 3.

Nursobah, A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Youtube Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah. El Midad, 13(2), 76-85.

Rita Maryana dkk, Pengelolaan Lingkungan Belajar, (Jakarta : Kencana, 2010), h. 16.

Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). The effectiveness of video as a tutorial learning media in muhadhoroh subject. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(02), 73-80.

Rohani, R. (2020). Media pembelajaran.

Salutri, G., Rokhimawan, M. A., & Rahmawan, S. (2022). Kefektivan Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia SMA. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 839-852.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sukana, S. (2024). Transformasi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Tahun 2024. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3955-3965.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Oktio Frenki Biantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License