Gangguan Kepribadian Guru Dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran di MI/SD

Muh Hasan Faizin, Lilik Sriyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gangguan-gangguan kepribadian guru dan pengaruhnya dalam pembelajaran, serta penanganannya. Terapi yang dapat diberikan kepada orang yang mengalami gangguan kepribadian yaitu psikoterapi dan farmakoterapi. Ganggguan kepribadian guru berdampak terhadap pengelolaan kelas dan tentunya akan merusak siklus belajar mengajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menerapkan metode penelitian kepustakaan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dari platform Google Scholar dan Google Bookcs. Teknik yang diterapkan dalam penelitian ini adalah studi dokumen. Gangguan kepribadian guru merupakan masalah serius yang dapat memengaruhi kualitas pendidikan. Faktor-faktor seperti beban kerja tinggi, konflik dalam lingkungan kerja, dan masalah kepemimpinan diidentifikasi sebagai penyebab utama gangguan kepribadian guru. Gangguan ini berdampak pada pembentukan karakter siswa, minat belajar, motivasi belajar, dan manajemen kelas. Untuk mengatasi gangguan kepribadian guru, langkah-langkah seperti dukungan psikologis, peningkatan kesadaran tentang kesehatan mental, dan perbaikan lingkungan kerja dianjurkan. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya menjaga kesejahteraan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Keywords


pengaruh; dampak; penanganan; gangguan kepribadian guru; pembelajaran MI/SD

Full Text:

PDF

References


Afrina, R. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Minat Belajar Siswa. FIP, UNY.

Anderson, J. R., Hughes, J. L., & Trivedi, M. H. (2021). School personnel and parents’ concerns related to COVID-19 pandemic’s impact related to schools. School Psychology Review, 50(4), 519-529.

Agustin Wulandari, T. (2018). Gangguan Kepribadian. https://repository.unikom.ac.id/55871/1/3.%20Gangguan%20Kepribadian.pdf

Aldi, B. S. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja Positif (Eustress) Terhadap Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan SDIT Ar-Rayyan Surabaya [PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya]. http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3625

Aziz, A. (2020). Kebutuhan Akan Pendidikan Karakter. Bunga Rampai Ekonomi Dan Pembiayaan Pendidikan, 107. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ywftDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA107&dq=definisi+watak+karakter+kepribadian&ots=ZRU3Y2bmsW&sig=N4UiLmoY9pKKHg_r5bs3PK7FPvs

Baharuddin, B., & Husaini, A. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Ghazali di SMA/SMK Negeri Kota Tarakan. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(1), 50. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i1.3672

Cochran-Smith, M., Grudnoff, L., Orland-Barak, L., & Smith, K. (2020). Educating teacher educators: International perspectives. The New Educator, 16(1), 5-24.

Eia Nigita, A., Larasati, K., & Izzah Nafisah, F. (2022). Pengaruh Rehabilitasi Untuk Mengatasi Gangguan Kepribadian Dependen (Vol. 2). http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/icigchttp://conference.uin-suka.ac.id/index.php/article/view/705

Ermansyah, R., & Abdul Karim Mantau, B. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru dan Pengaruhnya Terhadap Karakter Peserta Didik. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9, 202–221. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i1.1117

Fadilah, R. (2021). Analisis Kasus Gangguan Kepribadian Narsistik Dan Perilaku Kriminalitas Antisosial Pada Pria Di Lapas Kota X. Jurnal Diversita, 7(1), 85–96.

Ghazali, H. M., & Ghazali, N. (2022). Deteksi Kepribadian. Bumi Aksara. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=8aljEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=definisi+watak+karakter+kepribadian&ots=eUr57yu0WM&sig=NUNyOcJ_AX9m6G9-42DsOkq79PE

Kardiyanto, D. (2015). Membangun Kepribadian Dan Karakter Melalui Aktifitas Olahraga. Jurnal Phederal Penjas, 10(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/penjaskesrek/article/view/7445/0

Mansir, F., Parinduri, M. A., & Abas, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembinaan Peserta Didik Dalam Membentuk Watak Kuat-Positif. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 429–437.

Lailatil Fadla, S., Akmalia, R., Kamila Hasri, R., Putri, E., Sovia Br Situmorang, H., Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, F., & Medan, U. S. (2022). Pola Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru.

Maulidiyah, A., Muhammad, D. H., & Syahrin, M. A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religious Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Miftahussalam Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 29–44.

Moch. Fatkhuronji, U. A. (2023). Pengembangan Kompetensi Guru Madrasah Dengan Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) (1st ed.). PT. Nas Media Indonesia.

Nahampuan, D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Anak Autis di SLB C Karya Bhakti Purworejo. Widia Ortodidaktika, 6(5), 538–546.

NARASANTI, A. (2017). Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Stres Kerja Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat [PhD Thesis, Universitas Negeri Jakarta]. http://repository.unj.ac.id/25349/

Noor, A. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kepribadian. Jurnal Humaniora Teknologi, 5(2), 33–41.

Nurhayati, R., Isra Ahmad, N., Kunci, K., Guru, K., & Belajar, M. (2021). Pengaruh Kepribadian Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Motivasi Belajar Peserta. Al-Qalam, 13(1), 2021. http://journal.al-qalam.iaims.ac.id

Perdana, N., Putra, A., Legowo, M., Sosiologi, P. S., & Surabaya, U. N. (2023). Analisis Kasus Kekerasan Dalam Pendidikan (Studi Kasus Penganayaan Guru Terhadap Siswa Di Jogoroto-Jombang). Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(1), 102–107. https://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb

Ripli, M. (2015). Mengenal Gangguan Kepribadian Serta Penanganannya. In 58 | Mengenal Gangguan Kepribadian dan Penanganannya Al-Tazkiah (Vol. 7, Issue 2).

Roqib, M. (2020). Kepribadian Guru (A. Wachid, Ed.; 1st ed., Vol. 1).

Safitri, E., Hasbian Setiawati, Y., Suryana, A., Tarbiyah, F., & Nasional Laa Roiba Bogor, I. (2021). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Akhlak Siswa di SMK Cendekian Muslim Nanggung-Bogor. In 30 Transformasi Manageria (Vol. 1, Issue 1).

Setiawan, M. A., & Pangestu, E. R. (2022). PENGARUH BEBAN KERJA DAN STRESS KERJA TERHADAP KINERJA GURU (Studi Pada SD Plus 2 AL-Muhajirin Purwakarta) [PhD Thesis, Universitas Pasundan Bandung]. http://repository.unpas.ac.id/61725/

Suhaila, L. A. (2021). Pelanggaran Moral dan Etika Profesi Guru Berdampak dalam Lingkungan Pendidikan. In JPP (Vol. 38, Issue 2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP

Syofyan, H., Susanto, R., Setiyati, R., Vebryanti, V., Ramadhanti, D., Mentari, I., Ratih, R., Dwiyanti, K., Oktavia, H., & Tesaniloka, M. (2020). Peningkatan Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pemberdayaan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 338–346.

Tri Agustin, I. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sd Negeri Margorejo Vi/524 Surabaya.

Zola, N. & M. (2020). Kompetensi Kepribadian Guru. Educatio, 6, 88–93.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muh Hasan Faizin, Lilik Sriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License