Eksperimentasi Penggunaan Metode Osborn-Parne terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Nurul Huda Kaliwungu Kudus
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksperimentasi penggunaan metode Osborn-Parne terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Nurul Huda Kaliwungu KudusMetode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik (Suiyono,2013). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes, dan Dokumentasi.Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pre-test antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 56,3 sedangkan kelas eksperimen sebesar 66,73. Kemudian pada tahap dua setelah diberikannya perlakuan yang berbeda antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada post-test kelas eksperimen dengan metode Osborn-Parne sebesar 88,18 dan kelas kontrol dengan model pembelajaran model konvensional sebesar 73,3 sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Pada uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung sebesar 10,114 dan ttabel = t(0,05)(61) sebesar 1,999. Karena thitung> ttabel maka signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Maka kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah memakai metode Osborn-Parne pada mata pelajaran Fikih di MTs Nurul Huda Kaliwungu Kudus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32.
Hakim, L. (2017). Analisis perbedaan antara kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 17(2), 280-292.
Hidayat, W. N., & Nursikin, M. (2023). Konsep Pendidikan Nilai Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Nicolaus Driyarkara. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 1-8.
Hidayat, W. N., & Malihah, N. (2023). Implementasi Beberapa Teori Belajar Dalam Aplikasi Sholat Fardhu (Studi: Teori Koneksionisme Edward L. Thorndike, Teori Belajar Medan Kurt Lewin, dan Teori Kondisioning Ivan Pavlop di Masjid Al-Ikhlas Sarirejo). Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 1-10.
Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34-40.
Kartoni, N., & Alinurdin, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA PELAJARAN PPKn. Instruksional, 2(2), 112-117.
Maghfiroh, E. (2020). Pola Pembelajaran Everyone is a Teacher Here sebagai Alternative Peningkatan Proses Belajar Aktif Peserta Didik. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 225-238.
Majid Abdul, Strategi Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2013.
Ridla, M. Rasyid, Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No. 1, 2008.
Sarbini dan Neneng Lina, Perencanaan Pendidikan, CV Pustaka Setia, Bandung, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Alfabeta, Bandung, Cet. 17, 2013.
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung, Cet. 22, 2013.
Walewangko, S. A., Untu, H. I., Koleangan, C. A. P., & Katuuk, D. A. (2022). Kurikulum Pendidikan: Konsep Dasar, Landasan, Komponen, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia. Nas Media Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Umi latifah Nur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License