ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA BERBASIS KURIKULUM 2013

Wahyu Wulandari, Fatih Kumalasari

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada Kelas V Berbasis Kurikulum 2013 di MI Ma’arif Watuagung Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan siswa kelas V. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kompetensi pedagogik dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya guru pada kelas V di MI Ma’arif Watuagung Kabupaten Semarang sesuai dengan 7 aspek penguasaan kompetensi pedagogik guru telah dilaksanakan dan dikuasai. Dibuktikan dengan aspek-aspek yang telah dikuasai, seperti halnya aspek menguasai  karakteristik peserta didik,  aspek pengembangan kurikulum, aspek kegiatan pembelajaran yang mendidik, aspek pengembangan potensi peserta didik, aspek komunikasi dengan peserta didik, dan aspek penilaian dan evaluasi. Disisi lain terdapat aspek yang harus dikembangkan lagi yaitu aspek menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaram yang mendidik. Dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di MI Ma’arif Watuagung terdapat problematika sesuai dengan 7 aspek penguasaan dalam kompetensi pedagogik guru menyatakan bahwa ada beberapa aspek yang terdapat problematika, aspek tersebut yaitu aspek menguasai karakteristik peserta didik, aspek menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dan pengembangan potensi peserta didik, dari ketiga aspek yang terdapat adanya suatu problematika menjadikan kegiatan  pembelajaran terhambat, sehingga tujuan dalam pembelajaran tersebut belum berjalan dengan maksimal.

Keywords


Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Alawiyah Faridah. 2013. Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan. Pusat Pengkajian, pengelolaan data dan informasi (P3DI). Sekretaris Jendral DPR RI.

Basrowi, Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rieneka Cipta.

Djamal. 2017. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hariyadi, Rahmat. dkk. 2009. Sekolah Berbasis Lingkungan Alam. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Moelong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Pendidikan. Vol 1 No.1

Rifma. Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar.Jurnal Ilmiah Ilmu pendidikan. Volume XIII No.1 April 2013

Sri Indah “Peningkatan kreatifitas seni kriya 3 dimensi mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya melalui media barang bekas pada siswa kelas IV A MIN 1 Lamongan. Skripsi. Surabaya. (Univ Islam Negri Sunan Ampel Suarabaya. 2020).

Strauss Anslem dan Juliet Corbin. 2017. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi Wahyuni Bagja. 2015. Kemampuan Pedagogik Guru. Jurnal Edukasi. Vol 1 No.1.

Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prena Media.

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 4

Wahyuni Fitri. 2015. Kurikulum dari masa ke masa. Jurnal Pendidikan. Al-Adabiya. Vol 10 No.02.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wahyu Wulandari, Fatih Kumalasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License