PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ASYNCHRONOUS LEARNING PADA MATERI TATA SURYA DI SD ISLAM KURMA SALATIGA

Indah Aulia Nisa, Erna Risfaula Kusumawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik kelas VI di SD Islam Kurma Salatiga dalam menyampaikan sebuah informasi pengetahuan berbasis asynchronous learning terkait materi tata surya kepada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara dan observasi tidak langsung. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder berupa notulensi. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik sudah melakukan inovasi terkait dengan penerapan bahan ajar, sebelum pandemi pendidik menggunakan buku pegangan siswa dan setelah pandemi bertranformasi menjadi e-book. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan turut berkembang dari alat peraga menjadi video pembelajaran. Dampak penerapan bahan ajar dan media pembelajaran membawa dampak positif sekaligus negatif. Dampak positifnya adalah pembelajaran semakin bervariasi dan modern, sedangkan dampak negatifnya peserta didik merasa bosan ketika harus mengamati video pembelajaran selama masa pandemi sebagai sarana asynchronous learning.

Keywords


pembelajaran IPA; asynchronous learning; tata surya

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S., 2020. ‘Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.’, Sosial Dan Budaya Syar-I, vol 7, 395–402.

Aswat, H; Sari, E. R.; Aprilia, R; Fadli, A; & Milda, M., 2021. ‘Implikasi Distance Learning Di Masa Pandemi COVID 19 Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Di Sekolah Dasar’. Jurnal Basicedu. Vol 2. 761–716.

Baharuddin, 2015. ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Sekolah Menengah Kejuruan Terhadap Efektif Dan Efisiensi Pembelajaran’, Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran. Vol 1 No 2. 115–26

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini, cetakan I Malang: PT. Gunung Samudera.

Magdalena, Ina, Riana Okta Prabandani, Emilia Septia Rini, Maulidia Ayu Fitriani, and Amelia Agdira Putri. 2020. ‘Analisis Pengembangan Bahan Ajar’, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Vol 2 No 2. 170–187

Magfirah, Rasyid, dkk. 2016. ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Augmented Reality’. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 7 No 2. 69-80.

Mar’ah, N. K.; Rusilowati, A.; & Sumarni, W., 2020. ‘Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar’, in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES

Marwanto, Agung. 2021. ‘Pembelajaran Pada Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid 19’, Jurnal Basicedu, Vol 5 No 4. 2097–2105.

Minsih, Jatin Sri Nandang, W.K. 2021. ‘Problematika Pembelajaran Online Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19’. Jurnal Basicedu. Vol 5. 1252–1258.

Moelong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuswowati, H. A. N. I. S. R. M. Y. S. P. M. 2020. ‘Pendampingan Bimbingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode Sosialisasi Dan Demonstrasi Bagi Anak-Anak Dukuh Banaran Trosobo’. Media.Neliti.Com. 1–9.

Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmawati, S, ; Susanti. 2019. ‘Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Pelajaran.

Praktikum Akuntansi Lembaga Berbasis Konstekstual Untuk SMK’, Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), vol 7 No 3, 383–91.

Ramadhani, S.P.; & Supena, A., 2020. ‘Persepsi Orangtua Dan Guru Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Anak Speech Disorder Usia 8 Tahun Di Madrasah Ibtidaiyah’. Jurnal Basicedu. Vol.4 (12) 67–73.

Sadiah, Y., 2008. Network Glossary for Beginners. University Teknologi Mara: Sah Alam

Sanjaya, W., 2011. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group

Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Usran Mashare. 2020. ‘Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Akuntansi Kelas 61.5B.07 Kampus Salemba 22 Universitas Bina Sarana Informatika’, Jurnal Aksara Public, Vol 4, 1–12




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indah Aulia Nisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License