STRATEGI PENDIDIKAN NILAI DI SEKOLAH, STUDI KASUS GENERASI MILENIAL

Muhamad Khosi'in, Mukh. Nursikin

Abstract


Strategi pendidikan pada hakikatnya adalah pengetahuan atau seni mendayagunakan semua faktor untuk mengamankan sasaran kependidikan yang hendak dicapai melalui perencanaan dan pengarahan dalam operasionalisasi.Pendidikan nilai adalah suatu pendidikan yang memberikan pengajaran tentang nilai-nilai atau prinsip-prinsip moral dan etika kepada individu untuk membentuk karakter dan perilaku yang baik. Menurut Arifin Junaidi, pendidikan nilai adalah proses membentuk sikap dan tindakan manusia yang sesuai dengan nilai-nilai kebenaran dan kebaikan.Sedangkan menurut Nurcholish Madjid, pendidikan nilai adalah suatu upaya untuk mengembangkan akhlak atau moralitas yang baik pada individu, sehingga dapat membentuk manusia yang berbudi pekerti luhur dan memiliki integritas yang tinggi.Dalam kehidupan masyarakat dewasa ini terdapat fenomena menarik yaitu maraknya budaya global (global culture) dan gaya hidup (life style) pop culture. Fenomena ini terjadi sebagai dampak dari arus globalisasi yang sudah tidak bisa dibendung lagi. Salah satu fenomena penting proses globalisasi telah melahirkan generasi gadget, sebuah istilah yang digunakan untuk menandai munculnya generasi milenial.Ali dan Purwandi menyebutkan bahwa generasi milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 sampai dengan tahun 2000.Sementara para peneliti sosial dalam negeri (Indonesia) lainnya menggunakan tahun lahir mulai 1980-an sampai dengan tahun 2000- an untuk menentukan generasi milenial.


Keywords


Strategi pendidikan, Pendidikan nilai, Generasi milenial.

Full Text:

PDF

References


Apriani, A. N., & Wangid, M. N. (2015). Pengaruh Ssp Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD.JurnalPrima Edukasia, 3(1), 12–25. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4061.

Arifin, M. M. (2016). Strategi Guru Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Dinamika Penelitian,16(1), 156–174.Retrieved from http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/dinamika/article/view/143/118.

Demintseva, E. (2020). „Migrant schools‟ and the „children of migrants‟: constructing boundaries around and inside school space. Race Ethnicity and Education, 23(4), 598–612. Retrieved from https://doi.org/10.1080/13613324.2018.1538126

Dewi, R. R., Suresman, E., & Mustikasari, L. (2020). Implementasi Kebijakan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi,9(1), 1–15. Retrieved from https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6144.

Frisancho, S., & Delgado, G. E. (2018). Moral education as intercultural moral education. Intercultural Education, 29(1), 18–39. Retrieved from https://doi.org/10.1080/14675986.2017.1405214.

Hidayati, A. (2013). Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Bagi Siswa SD Oleh Guru Agama Islam. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 100– 104.Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2215.

Husna, L. (2017). Pendidikan Karakter Mandiri pada Siswa Kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 964–974. Retrieved fromhttp://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/9215/8897

Ikhwanuddin. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Kerja Keras dan Kerja Sama dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 153–163.Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/120825-ID-implementasipendidikan-karakter-kerja-k.pdf.Iwasa, N. (2017). Children‟s everyday experience as a focus of moral education.

Mintasih, D. (2016). Merancang Pembelajaran Menyenangkan. El-Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam, IX(1), 39-48. https://doi.org

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(1). Retrieved from https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71.

Priyambodo, A. B.(2017). Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Pada Sekolah Berlatar Belakang Islam di Kota Pasuruan.Jurnal Sains Psikologi,6(1), 9–15.Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/128733-ID-implementasi-pendidikankarakter-semanga.pdf.

Rubei, M. A. (2015). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pkn Untuk Mengembangkan Kemandirian Siswa Di Mts. Mathlaul Anwar Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosial Sosial Horizon, 2(2), 198–212.Retrieved fromhttp://dx.doi.org/10.31571/sosial.v2i2.105.

Sauri, S., & Budimansyah, D. (2017). Nilai Kearifan Lokal Pesantren Dalam Upaya Pembinaan Karakter Santri. Nizham Journal of Islamic Studies, 2(2), 21–50. Retrieved fromhttp://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/nizham/article/view/859.

Scharf, J., Hadjar, A., & Grecu, A. (2019). Applying social production function theory to benefits of schooling: the concept of values of education. British

Sepriadi, Raahmat, N., & Daliana, R. (2017). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas Di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten OkuTimur. 2(2). Retrieved fromhttps://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1471/1278.Strachan, H. (2019). Strategy in theory; strategy in practice. Journal of Strategic Studies, 42(2), 171–190. Retrieved from https://doi.org/10.1080/01402390.2018.1559153.

Shatto, B., & Erwin, K. (2016). Moving from on Millennials: Preparing for Generation Z. The Journal of Continuing Education

Wahyuni, M., & Mustadi, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Bersahabat. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 246–260. Retrieved fromhttps://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/viewFile/12056/8601.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. Retrieved fromhttp://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278

Windrati, D. K. (2011). Pendidikan Nilai sebagai Suatu Strategi dalam Pembentukan Kepribadian Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 40–47. Retrieved JBPD, Vol 5No 1, Januari 2021, pp 9-17[17] from https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.60.

Ym, K. (2017). Pendidikan nilai dalam pendidikan nasional. Analytica Islami, 6(2), 155–162. Retrieved fromhttp://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/1280/1043.

Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: CV Pustaka setia.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 muhamad khosiin, Mukh. Nursikin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License